Friday, March 16, 2007

Malaysia Bangun Pakpak

 

Malaysia Jajaki Investasi Pembangkit Listrik Senilai 75 Juta Dolar AS di Pakpak Bharat

Mar 16, 2007 at 09:35 AM
Medan (SIB)

Investor asal Malaysia, System Protection and Maintenance (SPM) SDN BHD, tertarik menjajaki investasi Power Plant (pembangkit listrik) PLTA Lau Une di Desa Kecupak I, Kecamatan Pergeteng-geteng Sengkut, Kabupaten Pakpak Bharat berkapasitas 25-50 MW dan diperkirakan investasi mencapai 75 juta dolar AS.

Menurut Kabid humas Pimpinan Drs ML Tobing, Kamis (15/3) seusai mengikuti pertemuan investor Malaysia dari SPM SDN BHD Ir Mohd Zaini Bin Abdullah (Managing Director) dengan Gubsu Drs Rudolf M Pardede di kediaman Gubsu Jalan Selamat Riyadi tampak serius dan tertarik melakukan investasi di Pakpak Bharat.

“Kami tertarik investasi pembangkit listrik di Pakpak Bharat. Karenanya, mulai minggu depan, kami akan survei lapangan,” kata Managing Director Group SPM SDN BDH, Mohammad Zaini Bin Abdullah didampingi perwakilan SPM SDN BDH di Medan Iwan Subrata usai pertemuan.

PLTA Lae Une ini berupa aliran Sungai Lae Ordi yang berbentuk air terjun dengan ketinggian 25 meter, serta memiliki debit air 250 liter per detik. Zaini mengaku, investasi pihaknya di PLTA Lae Une ini diperkirakan memakan biaya Rp675 miliar atau setara 75 juta dolar AS (kurs satu dolar Rp9.000).

Pembangunan PLTA Lae Une ini, menurut Zaini sudah lama dilirik pihaknya. Namun baru sekarang bisa dijajaki. “Mudah-mudahan kerjasama ini tidak ada masalah. Karena kami sangat serius membangun Power Plant di Pakpak Bharat ini,” tegas Zaini.

Lokasi PLTA Lae Une di Desa Kecupak I ini kira-kira berjarak 141 kilometer dari Medan (ibu kota Provinsi Sumut), atau lebih kurang delapan kilometer dari Salak, dan dua kilometer dari Kecamatan Kecupak I.

Pada pertemuan tersebut Gubsu Drs Rudolf M Pardede didampingi Bupati Pakpak Bharat Ir Herry Muger Berutu, Kepala Bappedasu Drs RE Nainggolan MM, Kadis Pertambangan Ir Washington Tambunan, Kaban Inprom Drs Gandhi D Tambunan menyebutkan, akan memberikan kemudahan perijinan bagi SPM SDN BHD untuk pembangunan PLTA Lae Une.

“Pemprov Sumut akan memberikan kemudahan perijinan, asal pihak Malaysia serius menanamkan investasinya di daerah ini,” ujar Gubsu.

Sementara itu, Kabid Humas Pimpinan Drs ML Tobing juga mengatakan, PLTA Lae Une ini untuk keperluan listrik pedesaan. Karenanya, tawaran investasi yang diajukan SPM SDN BHD Malaysia akan sangat membantu mengatasi krisis listrik di Provinsi Sumut, khususnya di Kabupaten Pakpak Bharat dan mereka akan melakukan partner dengan pengusaja lokal.

Untuk itu, kata Tobing, pihak investor Malaysia ini akan melakukan peninjauan langsung dan melakukan pertemuan dengan pihak terkait di Pakpak Bharat. Bahkan Bupati Pakpak Bharat menyatakan kesiapan pihaknya untuk mewujudkan rencana pembangunan PLTA tersebut.
loading...

No comments:
Write comments

Blog Archive